Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dan Pengertiannya


Bagi kamu yang sedang mencari contoh teks laporan hasil observasi serta pengertian dan lainnya, tepat sekali masuk ke artikel ini.





Saat pelajaran Bahasa Indonesia, tentu kamu pernah diberikan tugas oleh guru melakukan pengamatan terhadap obyek tertentu. Pengamatan tersebut dinamakan observasi.





Sesudah mengobservasi, pastinya kamu harus membuat laporan untuk dipresentasikan. Nah, pada penyajian hasil observasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Supaya kamu lebih mengerti apa itu teks laporan hasil observasi,  mari kita ulas lebih lanjut.





Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi





Teks laporan hasil observasi yaitu teks yang memuat penjelasan umum atau melaporkan sesuatu dalam hal ini adalah hasil observasi. Teks laporan observasi pun dinamakan teks klasifikasi sebab berisi klasifikasi tentang jenis-jenis sesuatu sesuai syarat tertentu.





Struktur Teks Laporan Hasil Observasi





Ada 2 struktur pokok dalam penyusunan Teks Laporan Hasil Observasi ialah :





  • Pernyataan umum, yaitu definisi umum atau klasifikasi umum. Adalah informasi umum, definisi, kelas atau kelompok, penjelasan umum, maupun informasi pendukung yang membicarakan mengenai hal yang dilaporkan dari hasil pengamatan.




  • Deskripsi bagian, adalah perincian yang merinci bagian - bagian yang dilaporkan. Misalnya, bila membuat laporan tentang binatang untuk itu rincian yang dijelaskan yaitu terkait ciri fisik, tempat hidup, jenis makanan hingga tingkah-laku binatang tersebut. Kemudian bila membuat laporan mengenai tumbuhan tentu saja yang dirinci meliputi ciri-ciri fisik, bentuk bunga, bentuk buah, jenis akar, manfaat yang bisa diambil, nutrisi yang terkandung di dalamnya atau detil dari bagian-bagian tumbuhan tersebut.  Bilamana yang dilaporkan adalah suatu obyek untuk itu detil laporannya adalah deskripsi bagian yang yang terdiri klasifikasi obyek dari berbagai sisi, gambaran manfaat dari obyek tersebut dan juga sifat-sifat khusus yang ada pada obyek.




Unsur-unsur Teks Laporan Hasil Observasi





Unsur-unsur yang harus ada dalam Teks Laporan Hasil Observasi dibedakan menjadi dua ialah struktur dan kaidah kebahasaan. Kamu sudah mempelajari struktur teks laporan hasil observasi sebelumnya. Sedangkan untuk kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks laporan hasil observasi terdiri dari :





  • Penerapan frasa nomina yang dibarengi dengan penjenis dan pendeskripsi.
  • Penggunaan verba relasional, diantaranya : yaitu, adalah, merupakan, adalah, diklasifikasikan, dikategorikan, terdiri dari, meliputi, dikatakan, dan lain-lain (dipakai untuk menjelaskan definisi dari istilah teknis atau ungkapan yang digunakan secara khusus di bidang tertentu).
  • Penggunaan verba aktif alam yang diterapkan untuk menerangkan tingkah-laku, misalnya : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan lainnya.
  • Penggunaan kata penghubung. Untuk menyatakan tambahan digunakan : dan, serta. Lalu untuk menyatakan perbedaan digunakan kata penghubung : berbeda dengan. Sementara bila kamu ingin menyatakan persamaan dalam teks laporan hasil observasi ini digunakan kata penghubung : seperti halnya, sebagaimana, demikian halnya, sebagai, hal demikian, hal yang sama, dan kata penghubung yang sejenisnya. Lain bila ingin menyatakan pertentangan maka digunakan kata penghubung : adapun, namun, tetapi, akan tetapi, sedangkan , padahal, atau berbanding terbalik dengan. terakhir adalah kata penghubung yang menyatakan pilihan hanya digunakan kata "atau".
  • Penggunaan paragraf dengan kalimat utama yang bertujuan untuk menyusun informasi utama, dilanjutkan dengan rincian aspek yang akan dilaporkan dalam beberapa paragraf.
  • Penggunaan istilah-istilah teknis dan ilmu pengetahuan misalnya : karnivora, herbivora, osteoporosis, degeneratif, mutualisme, parasitisme, pembuluh balik, sel darah merah, covid-19, corona, orang dalam pemantauan, virus dan sebagainya.




Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi





  • Memuat fakta obyektif dan umum.
  • Obyek yang hendak dibahas merupakan obyek tunggal.
  • Dijelaskan secara komprehensif tanpa ada yang tertinggal.
  • Ditulis sesuai fakta dari hasil observasi yang sudah dilakukan.
  • Informasi yang dijelaskan dalam teks adalah hasil penelitian terbaru yang telah dibuktikan kevalidannya.
  • Bebas dari unsur prasangka atau prediksi dan juga tak boleh memihak.
  • Saling terkait dalam bentuk korelasi bertingkat dari kelas dan subkelas yang digunakan di dalamnya.




Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi





Kamu harus tahu bahwa tujuan utama penyusunan teks laporan hasil observasi adalah menyampaikan informasi dengan objektif sesuai fakta yang ditemukan dari hasil observasi. Beberapa tujuan lain dari teks laporan hasil observasi yaitu :





  • Keperluan penelitian.
  • Menyampaikan informasi terbaru.
  • Menyelesaikan sebuah permasalahan.
  • Melaporkan cara atau teknik terbaru yang belum pernah ada sebelumnya.
  • Membuat keputusan yang lebih efektif.
  • Bentuk pengawasan atau penyempurnaan.
  • Memahami perkembangan sebuah persoalan yang sedang diamati.




Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi





Agar bisa menulis teks laporan hasil observasi yang baik, kamu harus paham urut-urutan langkah yang harus dilakukan yaitu :





  • Memilih topik yang hendak ditulis.
  • Membuat kerangka laporan.
  • Memilih informasi yang diperlukan dan cara mendapatkan informasi tersebut.
  • Menyusun informasi dan hasil rangkuman ke dalam teks laporan hasil observasi.
  • Menyusun informasi yang didapatkan mengikuti struktur teks laporan hasil observasi yang benar.
  • Membuat variasi kalimat sekaligus mengembangkan paragraf teks laporan hasil observasi sehingga semua informasi tak ada yang terlewatkan untuk dilaporkan.




Contoh Teks Laporan Hasil Observasi





Setelah mengetahui pengertian hingga ke cara membuat teks laporan hasil observasi, tentunya kamu sudah bisa membuat teks laporan hasil observasi dengan mudah. Di bawah ini ada beberapa contoh teks laporan hasil observasi singkat.





Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah





Buku dan Sampah





Sulit untuk mengukur dengan tepat berapa banyak sampah yang dibuang ke alam. Tapi kamu harus pikirkan fakta ini. Dari 1,3 miliar ton sampah rumah tangga yang dihasilkan per tahun, hanya sekitar 258-368 juta ton sampah berakhir di salah satu dari 50 tempat pembuangan sampah akhir atau TPA.





Di mana sisanya? Faktanya, sisa sampah itu tidak berada di satu tempat. Saat sampah mulai membusuk, bahan kimia berbahaya dan racun mulai merember. Pertama, ke tanah, kemudian menyebar ke air dan udara dimana semua itu merupakan sandaran semua makhluk hidup agar bisa hidup sehat.





Air minum yang kotor, penyebaran penyakit, dan hari-hari polusi udara. Saat sampah menyebar, akhirnya menuju ke lautan. Setiap tahun, 8 juta ton sampah ditambahkan ke lautan kita, 80% berasal dari sampah daratan. Itu seperti membuang lebih dari 112.123 pesawat Boeing 737-ER900 ke laut setiap tahun.





Sampah yang dibuang secara tidak benar akan menyentuh setiap sudut dunia dan setiap orang.  Sampah juga menghasilkan racun yang lambat terurai. Paparan bahan kimia yang ditemukan di tempat sampah, terutama plastik, telah dikaitkan dengan masalah kesehatan reproduksi, obesitas, peningkatan alergi, diabetes dan kanker. Jika tidak dibuang dengan benar, plastik akan bertahan ... selamanya! Seiring waktu, itu akan terurai menjadi potongan-potongan kecil dan menyusup ke setiap aspek ekosistem kita.










Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Alam





Pegunungan Alam





Kamu sering naik gunung? Mungkin kamu belum banyak tahu beberapa fakta tentang gunung berikut ini. Gunung termasuk bentang alam yang membentang luas di atas tanah dan meninggi sampai ke puncak. Gunung terbangun dari gerak lambat akan tetapi dengan kekuatan besar dari kerak bumi atau permukaan bumi.





Kerak bumi tersusun atas 6 lempeng besar yang saling menyatu laksana puzzle. Tatkala dua lempeng kerak bumi saling bertabrakan, lapisan tersebut terdorong ke atas dan menghasilkan gunung. Tidak sedikit deretan pegunungan tertinggi di bumi terbangun gara-gara tabrakan dahsyat antar benua.





Kamu boleh jadi belum tahu jika gunung tertinggi di dunia yang tak bisa didaki adalah Gangkhar Puensum dengan ketinggian 24.981 kaki di Bhutan, yang merupakan gunung tertinggi ke-40 di dunia. Tidak ada definisi yang bisa diterima secara umum tentang seberapa tinggi sebuah bukit harus disebut gunung.





Beberapa orang mengatakan 1.000 kaki, yang lain mengatakan 2.000 kaki. Gunung Kea di Hawaii sekitar 4.000 kaki lebih tinggi dari gunung Everest jika diukur dari dasar bawah lautnya. Pada tahun 1999, satelit GPS menunjukkan jika gunung Everest itu lebih tinggi 7 kaki (2,2 meter) dari yang diperkirakan sebelumnya.





Karena pergerakan lempeng tektonik, gunung Everest tumbuh sekitar 4mm setahun. Lebih dari 6.000 orang kini telah mendaki gunung Everest termasuk seorang Amerika berusia 13 tahun pada tahun 2010.










Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan Langka





Penyu Hewan Langka





Tidak sedikit hewan yang hidup di dunia sekarang ini dalam ancaman kepunahan. Hewan langka itu diantaranya badak,  harimau, orangutan, dan kura-kura. Populasi hewan-hewan itu terus menurun dan kini cuma sedikit yang berdiam di alam liar. Gangguan terbesar pada keberadaan hewan langka tersebut malah disebabkan manusia.





Manusia merusak tempat hidup hewan yaitu hutan. Manusia membuka hutan untuk dibuat lahan pertanian atau pemukiman baru. Karena perumahan mengambil sebagian besar ruang di planet ini sehingga hanya menyisakan sedikit ruang untuk hewan liar yang artinya hewan-hewan itu pun kekurangan makanan juga tempat membesarkan anak-anak mereka.





Tidak sedikit pul hewan liar yang diburu manusia untuk diambil bulu atau tanduknya. Seperti Badak  yang diburu karena tanduknya untuk berbagai keperluan. Orangutan berdiam di hutan hujan tropis dan terancam habitat mereka oleh perusahaan yang memanfaatkan sumberdaya hutan. Banyak hutan ditebangi untuk pengembangan lahan dan diambil kayunya. Orangutan pun terancam karena perburuan ilegal.





Panda raksasa merupakan salah satu hewan paling langka di dunia. Dijumpai di China, panda kehilangan habitatnya sebab hutan dihancurkan untuk dibuat lahan perumahan dan juga diambil kayunya. Sekarang, cuma ada kurang-lebih 3.200 harimau yang masih hidup di dunia.





Manusia berburu harimau untuk dimabil kulitnya dan diambil bagian tubuhnya untuk obat tradisional. Nyaris seluruh spesies penyu terancam punah. Penyu-penyu tersebut dibunuh untuk dimanfaatkan daging, kulit dan telurnya.










Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kucing





Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kucing





Kamu pasti punya kucing kesayangan di rumah. Hewan yang satu ini memang lucu dan manja sehingga cocok untuk dipelihara di rumah sebagai teman setiap saat. Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan terfavorit di dunia. Dijumpai lebih dari 500 juta kucing domestik yang tersebar di seluruh dunia.





Kucing dan manusia dari fakta yang diteliti ternyata telah memiliki hubungan baik sejak 10.000 tahun yang lalu. Tahukah kamu bahwa untuk menghemat energi, kucing tidur kurang-lebih 13 sampai 14 jam sehari. Kucing mempunyai postur dan gigi luwes untuk disesuaikan saat berburu hewan kecil seperti tikus.





Dalam bahasa inggris, kucing jantan dinamakan tom, sementara kucing betina dinamakan molly. Kucing juga harus tahu jika kucing domestik normalnya punya berat kira-kira 4 kilo - 5 kg. Kucing rumahan paling berat yang pernah ditemukan mencapai 21,297 kg. Kucing adalah pemburu mematikan dan benar-benar cerdik.





Saat berjalan kaki belakang kucing akan melangkah tepat di posisi yang ditinggalkan kaki depan. Itu akan membuat ia tak menimbulkan suara dan juga mengurangi jejak yang tertinggal. Kucing punya penglihatan di malam malam yang kuat sehingga memudahkan mereka bisa melihat mangsa bahkan dengan cahaya enam kali lebih sedikit dibanding yang dibutuhkan manusia.





Kucing pun punya pendengaran tajam  dengan indra penciuman yang juga kuat. Kebanyakan kucing bisa hidup kira-kira 12 sampai 15 tahun. Kucing menggunakan sebagian besar hidupnya selain untuk tidur juga menjilati bulu supaya selalu bersih.






Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Psikologi Manusia





Psikologi Manusia





Kamu pasti sudah tahu jika psikologi manusia itu menarik. Manusia berusaha menganalisis emosi dan perilaku mereka sejak zaman dahulu. Studi tentang ilmu psikologi manusia pun menjadi populer dalam 150 tahun terakhir. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku yang berfokus pada pikiran dan proses mental.





Ini merupakan disiplin ilmu yang beragam yang mencakup studi tentang proses kognitif, perkembangan manusia, perilaku klinis dan sosial. Kamu bisa mendapatkan gelar psikolog bila mengambil jurusan ilmu psikologi di universitas. Beberapa fakta menarik pun terkuak seputar psikologi manusia.





Misalnya arti kesehatan dan penyakit mental ternyata berubah-ubah setiap waktu. Hal tersebut berakibat pada pemahaman dan pandangan psikopatologi (studi ilmiah tentang gangguan mental). Definisi perilaku kognitif dan emosional pun berubah-ubah. Fakta lainnya, ternyata kegilaan bukanlah diagnosis sebuah penyakit.





Itu sebenarnya adalah konsep hukum yang digunakan untuk membedakan rasa bersalah dan tidak bersalah. Ketika persidangan pembunuhan Daniel M’Naghten pada tahun 1843 dihentikan dengan alasan gila, masyarakat Inggris pun khawatir bahwa orang gila dapat membunuh tanpa takut akan hukuman.





Fakta lainnya, Hysteria pertama kali dialami hanya pada wanita. Hysteria pertama kali dideskripsikan oleh orang Mesir kuno pada milenium kedua SM. Hippocrates mengembangkan istilah 'histeria' dari kata sifat Yunani hysterikos yang berarti "dari rahim." Dia menganggap histeria mengembara dalam rahim wanita yang menyebabkan gangguan seperti kegelisahan, tremor, kejang, kelumpuhan, dan rasa mati lemas.





Pada abad ke-18, histeria lebih terkait dengan otak daripada rahim. Sementara Sigmund Freud beranggapan jika itu berpangkal dari trauma dan bisa berpengaruh baik pada laki-laki maupun perempuan.










Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang COVID-19





Teks Laporan Hasil Observasi Tentang COVID-19





Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.





Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.





Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan.





Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.





Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).





Selain virus SARS-CoV-2 atau virus Corona, virus yang juga termasuk dalam kelompok ini adalah virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan virus penyebab Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). Meski disebabkan oleh virus dari kelompok yang sama, yaitu coronavirus, COVID-19 memiliki beberapa perbedaan dengan SARS dan MERS, antara lain dalam hal kecepatan penyebaran dan keparahan gejala.










Itu lah artikel contoh teks laporan hasil observasi beserta pengertian teks laporan hasil observasi, unsur-unsur teks laporan hasil observasi, struktur teks laporan hasil observasi tujuan laporan hasil observasi dan cara membuat teks laporan hasil observasi. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "6 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi dan Pengertiannya"

Berlangganan via Email