Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menonaktifkan Akun Instagram


Menghapus atau menonaktifkan akun jejaring sosial menjadi tren di kalangan artis dan juga orang kebanyakan. Ada banyak alasan yang melatarbelakanginya. Seperti halnya #DeleteFacebook, Instagram pun tidak terkecuali. Orang mungkin memiliki alasan yang berbeda ketika menghapus akun Instagram mereka. Menggulir feed gambar makanan lezat orang lain dan tempat liburan malah membosankan. Bagaimana cara menonaktifkan akun Instagram?

Sebelum menonaktifkan akun Instagram, hendaknya kamu mencadangkan profil Instagram. Instagram agak murah hati dalam hal pencadangan, memungkinkan kamu mengunduh tidak hanya semua foto, tetapi juga data yang lain: suka, komentar, kontak, keterangan untuk foto kamu (termasuk tagar), pencarian, pengaturan, dan lainnya.

Semuanya kecuali foto akan dikemas dalam file JSON (JavaScript Object Notation). Kamu masih bisa membacanya menggunakan beberapa perangkat lunak pengedit teks sederhana seperti Notepad, WordPad, atau TextEdit. Sementara kamu akan mendapatkan file foto dalam format JPEG meski dengan resolusi rendah, diurutkan dalam folder berdasarkan tanggal.

Untuk mendownload cadangan profil Instagram kamu di smartphone atau tablet, kamu perlu melakukan hal berikut: jalankan aplikasi Instagram. Sentuh ikon profil kamu di pojok kanan bawah. Sentuh ikon menu di pojok kanan atas, kemudian ketuk Pengaturan, yang tersembunyi di pojok kanan bawah menu. Scroll layar ke bawah dan pilih Privasi dan Keamanan kemudian ketuk Unduh Data.

Terima default atau ubah alamat email untuk pengiriman. Konfirmasikan alamat email dan isikan kata sandi Instagram kamu. Nantikan sampai 48 jam (biasanya hanya beberapa menit) sehingga Instagram mengirimi kamu tautan untuk mendownload arsip dengan semua data kamu. Ketuk link-nya, login ke situs web Instagram kemudian klik Unduh data untuk mulai mengunduh arsip ZIP dengan foto dan informasi profil lainnya.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Buka browser kamu kemudian akses situs resmi Instagram.com dan lakukan login. Klik avatar profil kamu di pojok kanan atas layar. Pilih Edit profil, di samping nama kamu. Scroll ke bawah untuk mencari link Nonaktifkan sementara akun saya, kemudian klik. Tentukan alasan kamu menonaktifkan akun, input kata sandi, kemudian klik ikon Nonaktifkan Akun Sementara. Klik tombol Ya maka akun Instagram kamu kini sudah dinonaktifkan, yang berarti bahwa profil kamu, komentar dan suka akan disembunyikan sampai atau kecuali kamu mengaktifkannya kembali.

Cara Menonaktifkan Akun Instagram Permanen

Menghapus akun Instagram kamu secara permanen juga harus dilakukan dari antarmuka Web di laptop. Buka browser kamu di laptop dan masuk ke link hapus permanen di https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/. Pilih alasan kamu hendak menghapus akun, ketikkan kata sandi kamu, kemudian klik tombol merah besar yang tertera Hapus akun saya secara permanen. Lalu klik tombol OK.

Cara Mengembalikan Akun Instagram Nonaktif

Bila terlanjur menonaktifkan sementara akun Instagram, kamu bisa dengan mudah mengaktifkannya lagi tanpa kehilangan foto, video, suka, dan komentar di masa lalu. Berbeda bila kamu telah menghapus akun Instagram secara permanen, maka kamu tidak dapat mengambilnya lagi. Memulihkan akun Instagram yang dihapus secara permanen tak dimungkinkan dengan cara apa pun. Kamu harus membuat akun Instagram baru memakai alamat email yang sama seperti yang kamu gunakan sebelumnya.

Itu sebabnya sangat disarankan bila memang ingin "off" sejenak dari Instagram cukup dengan menonaktifkan akun sehingga dapat diaktifkan kembali kapan pun mau. Pelajari cara mengaktifkan kembali akun Instagram kamu yang dihapus dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Menurut Instagram, kamu dapat memulihkan akun yang dinonaktifkan sementara, hanya dengan login kembali ke akun.
  • Akses aplikasi Instagram kamu dan pastikan aplikasi diperbarui ke versi terbaru. Input nama pengguna dan kata sandi kemudian ketuk Log in. Bila login berhasil, kamu akan menjumpai pesan jika akun diaktifkan lagi dan meminta kamu untuk kembali login lagi setelah beberapa jam.
  • Namun apabila log-in gagal maka kamu harus mengatur ulang password. Klik tautan Lupa kata sandi dan masukkan nama pengguna kemudian isi Captcha.
  • Ketuk ikon “Setel Ulang Kata Sandi”. Ini akan mengirim email kata sandi reset ke alamat email terdaftar kamu. Ketuk tautan di dalam email untuk mengatur kata sandi baru.
  • Hanya saja, jika kamu telah mendaftar ke Instagram menggunakan akun Facebook, untuk itu gunakan opsi "Phone" sebagai gantinya untuk mengatur ulang kata sandi.
  • Kamu akan menerima pesan yang lazimnya berisi link setel ulang kata sandi. Ketuk tautan yang diterima dan buka di aplikasi. Ketikkan kata sandi baru kamu lalu ketuk "Reset Kata Sandi".

Bilamana kamu tetap saja menemui kendala ketika masuk ke akun Instagram kamu, cobalah untuk mengaktifkan kembali Instagram dari browser seluler atau browser komputer. Cukup, login menggunakan username dan password dan kamu siap menggunakan Instagram lagi.

Bila Instagram telah menangguhkan akun kamu gara-gara melanggar syarat dan komunitas serta pedoman, maka akun kamu mungkin tidak dapat diambil kembali. Namun bila kamu beranggapan jika Instagram telah menonaktifkan akun kamu secara tidak sengaja, kamu bisa menulis keberatan dan dikirimkan ke email support@instagram.com. Sebutkan nama pengguna dan masalah yang dialami.

Bilamana kamu tak mau Instagram menangguhkan akun kamu tanpa notifikasi apa pun, jangan melanggar Pedoman dan Ketentuan Layanan di bawah ini:

  • Kamu wajib berumur setidaknya 13 tahun agar bisa menggunakan Instagram.
  • Dilarang mengunggah foto ataupun video kekerasan, telanjang, dan eksplisit secara seksual di Instagram.
  • Dilarang menyesatkan orang dengan menyediakan berita salah ke Instagram ketika pendaftaran.
  • Tidak boleh mencemarkan nama baik, menguntit, menggertak, hasut atau mengancam siapa saja di Instagram.
  • Hindari memakai Instagram untuk maksud terlarang atau tidak sah.
  • Dilarang memakai nama domain atau URL situs web untuk nama pengguna Instagram kamu.
  • Tidak boleh membuat atau mengirim email, komentar, yang terkesan seperti spam.
  • Tidak boleh mengunggah atau membagikan konten yang tidak milik kamu atau melanggar hak kekayaan intelektual.
  • Tetap menghormati pengguna Instagram lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menonaktifkan Akun Instagram"

Berlangganan via Email