Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Maksud Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa


Seluruh pendiri negara sudah sepakat jika dasar negara Indonesia ialah Pancasila. Pancasila menjadi pondasi demi mewujudkan tujuan negara seperti yang termaktub pada Pembukaan Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.





Pancasila pun dipandang menawarkan berbagai nilai kehidupan yang terbaik. Itulah sebabnya Pancasila pun disepakati untuk dijadikan sebagai pandangan hidup bangsa.





Arti Pancasila Sebagai Pandangan Hidup





Pancasila digunakan sebagai landasan sekaligus sumber motivasi dalam mengambil sikap dan perbuatan membina kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.





Setiap sila dalam Pancasila tak bisa dijalankan sendiri-sendiri sebab Pancasila adalah satu kesatuan yang bulat dan saling terkait. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa menjadi sila pertama yang memberikan dasar bagi keempat sila yang lain.





Desakan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa akan mempengaruhi kualitas dan tingkat kemanusiaan seseorang dari orang lain. Dengan begitu kehidupan bermasyarakat dan bernegara bisa berkembang dengan sehat dalam pola kehidupan berkeadilan.





Dengan begitu, kualitas peradaban bangsa bisa meningkat dalam tingkatan terhormat di antara bangsa lain. Semangat Pancasila sila pertama selayaknya mampu memberikan keyakinan bagi seluruh rakyat Indonesia bisa bersatu dalam aturan nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.





Berbagai perbedaan antar warganegara Indonesia biarlah seperti itu dan tak harus dibuat seragam. Akan tetapi diyakini sebagai kekuatanbersama yang harus disyukuri.





Perbedaan dalam masyarakat di berbagai aspek tetap harus dapat hidup bersatu dalam wadah negara kesatuan Republik Indonesia dengan dasar Pancasila.





Oleh karena itu tak boleh mempersoalkan etnis, agama, warna kulit dan juga status sosial sebab setiap warganegara sama dan sederajat. Setiap orang berkedudukan setara sebagai warganegara.





Tiap warganegara menjadi bagian dari rakyat Indonesia. Rakyat lah yang memegang kedaulatan tertinggi dari negara Indonesia.





Sila kedua Pancasila membawa nilai kemanusiaan dan keberadaban. Maksudnya kedua nilai tersebut harus selalu berdasarkan hati nurani dan patuh pada adab saat akan melakukan apa saja pada situasi bagaimanapun apakah itu bermasyarakat atau pribadi.





Contoh sila kedua Pancasila menjadi pandangan hidup bangsa misalnya : gembira menjalankan aktifitas yang berkaitan dengan kemanusiaan, tak menganggap beda orang lain, memelihara kesopanan dan kesantunan dalam kehidupan sehari-hari kapanpun itu.





Dari kedudukannya sebagai pandangan hidup, sila ketiga Pancasila membawa nilai persatuan dan kesatuan. Pengertiannya menuntut tiap warganegara agar menghormati setiap perbedaan yang muncul di masyarakat demi tetap kokohnya NKRI.





Beberapa contoh aplikasi sila ketiga sebagai pandangan hidup bangsa seperti : memelihara ketertiban dan keamanan dalam masyarakat berpijak pada rasa persatuan yang dipegang teguh bersama, meningkatkan toleransi sosial atas berbagai pluralitas yang ada di masyarakat, mengutamakan kepentingan negara dari kepentingan sendiri.





Fungsi Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa





Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa menempati berbagai fungsi berikut :





  • Dapat difungsikan menjadi sumber petunjuk ketika menangani segala masalah atau persoalan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Menjadi sumber arahan atau cara bangsa Indonesia ketika mengatasi konflik dalam bidang sosial, budaya, ekonomi maupun politik.
  • Dijadikan sebagai landasan dalam membangun bangsa yang disesuaikan dengan kepribadian dan jati diri atau karakteristik bangsa Indonesia.
  • Prinsip dan landasan cita-cita bangsa Indonesia untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.
  • Menjadi bangsa dengan wilayah yang luas ditambah adanya keragaman adat budaya, bahasa, dan lainnya maka hanya Pancasila yang digunakan sebagai pandangan hidup yang dapat mempersatukannya.




Langkah mengatasi berbagai masalah hidup yang muncul dalam kehidupan masyarakat hanya bisa berjalan dengan baik baik bila itu diatur dengan Pancasila. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa akan memberikan dasar nilai atas apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.


Posting Komentar untuk "Maksud Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa"