Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman Menggunakan Aplikasi Zoom

Aplikasi video conference terbaik biasanya menawarkan lebih dari sekadar mengaktifkan pertemuan tatap muka virtual. Aplikasi tersebut akan membiarkan pengguna menunjukkan apa yang ada di layar kepada orang lain yang menelepon, memberikan kontrol rapat kepada orang lain, dan merekam panggilan tersebut sebagai video. Aplikasi Zoom menawarkan fitur-fitur tersebut dan masih banyak lagi.

Aplikasi Zoom tiba-tiba menjadi andalan berbagai pihak yang ingin mengadakan rapat secara daring saat himbauan physical distancing dikeluarkan untuk menangkal makin berkembangnya virus Covid 19. Hanya saja aplikasi ini masih diragukan segi keamanannya dalam hal privacy penggunanya. Lalu bagaimana sih tips aman menggunakan aplikasi Zoom agar rapat online sukses tergelar namun privacy pun tak terganggu?

Aplikasi Zoom yang kini mendadak populer pun banyak yang menyoroti sisi keamanannya. Utamanya masalah privasi pengguna termasuk juga kenyamanan saat memanfaatkan aplikasi tersebut. Salah satu yang menjadi konsen adalah masalah zoombombing.

Jadi zoombombing adalah kejadian dimana dijumpai beberapa pengguna lain yang tidak diundang namun bisa mengikuti rapat online tersebut. Dan tak jarang para penyusup tersebut membuat kekacauan dengan melontarkan berbagai kalimat berbau kebencian, sara, dan juga pornografi. Sampai-sampai badan penyelidik federal Amerika FBI pun merilis surat peringatan mengenai celah keamanan aplikasi tersebut.

Karena itu Eric Yuan yang merupakan CEO Zoom pun memberikan penjelasan untuk menjawab kerisauan para pengguna dengan posting di blog perusahaan. Langkah yang diambil yaitu menonaktifkan opsi pembaharuan (update) guna membereskan masalah bug keamanan tersebut. Janjinya dalam waktu paling lambat 90 hari mendatang masalah keamanan tersebut sudah bisa diatasi.

Tips Aman Menggunakan Aplikasi Zoom

Semenjak wabah korona melanda dunia, sudah banyak instansi pemerintahan, perusahaan, perguruan tinggi sampai sekolah di berbagai negara serentak yang memanfaatkannya dalam mengakomodasi kegiatan bekerja ataupun belajar dari rumah. Sebagai pengguna, agar keamanan dan kenyamanan kamu tak terusik berikut beberapa tips aman menggunakan aplikasi Zoom :

  1. Hindari mengaktifkan ID kantor untuk mengikuti rapat online menggunakan aplikasi Zoom. Kamu harus menggunakan ID tersendiri yang berlaku cuma untuk sekali rapat.
  2. Nyalakan fungsi "Waiting Room". Fitur ini memiliki fungsi memonitor siapa pun yang ingin ikut dalam rapat sebelum diberikan ijin masuk ke sesi rapat online yang diadakan. Langkah yang harus dilakukan yaitu masuk ke menu Account Management > Account Settings > klik pada Meeting > kemudian nyalakan pilihan Waiting Room.
  3. Matikan fitur lain, diantaranya fitur Join Before Host. Fasilitas berbagi layar bagi non-hosts pun wajib dimatikan juga serta beberapa yang lain. Langkah menonaktifkan beberapa fitur tadi dapat kamu lakukan dengan klik menu Setting yaitu gambar roda gerigi di sebelah kanan atas. Kemudian klik pada fitur mana saja yang hendak dinonaktifkan.
  4. Begitu rapat daring dimulai dimana sudah seluruh anggota mengaksesnya maka segera kunci rapat itu sehingga pengguna tidak diundang tak akan dapat bergabung.
  5. Begitu pengaturan dinyalakan, kamu harus memilih siapa saja yang dapat mengakses rapat. Misalnya bila memilih opsi 'All Participants' artinya memposisikan setiap orang di waiting room secara default, sementara opsi 'Guest Participants Only' artinya bisa memasukkan pengguna lain yang memiliki akun Zoom atau yang tak berada di ruang tunggu. Kamu pun bisa mengizinkan pengguna lain yang terdaftar untuk mengajak pengguna yang berada di daftar 'Waiting Room'

Selalu berpedoman pada pepatah "mencegah selalu lebih baik ketimbang mengobati". Karena itu sebelum kamu ikut rapat online dengan Zoom, selalu jalankan tips-tips di atas. Nah, selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Tips Aman Menggunakan Aplikasi Zoom"