Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Launcher Android yang Tidak Bisa Dihapus

Dalam menggunakan smartphone, ada kalanya kita ingin mengkustomisasi tampilan smartphone kita. Terutama smartphone Android yang memang didesain sedemekian rupa agar mudah dikustomisasi. Salah satu kustomasi yang sering dilakukan oleh pengguna Android adalah mengganti atau memasang launcher lain.

Jika kamu pertama kali memasang launcher dan kembali ke homescreen, maka akan ada pilihan mau menggunakan launcher bawaan atau yang tadi didownload. Saat di pilihan juga ada opsi (check box) gunakan launcher ini sebagai default. Saat kamu men-check opsi itu maka seterusnya jika kamu kembali ke homescreen akan menggunakan laucher yang kamu pilih.

Nah, kebanyakan orang saat ingin meuninstall atau mengganti launcher pasti kebingungan mengapa launchernya tidak dapat diuninstall atau dihapus. Penyebabnya adalah kamu menggunakan launcher yang ingin diuinstall sebagai launcher default seperti yang sudah saya paparkan di atas.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menghapus launcher yang tidak bisa dihapus atau menguninstall launcher yang tidak bisa diuninstall. Namun sebelum masuk ke cara menghapus launcher yang tidak dapat dihapus, kita harus mengetahui dulu apa itu launcher dan fungsinya. Simak lebih lanjut.

Apa itu Launcher dan Fungsinya

Launcher secara umum adalah segala sesuatu yang berurusan dengan tampilan halaman depan (home screen) dan sekumpulan ikon yang terdapat di dalam halaman menu aplikasi (apps drawer) dari sebuah perangkat android. Dengan launcher kita dapat mengkustomisasi tampilan hp dan mengorgainisir puluhan ikon dari aplikasi bawaan hp atau aplikasi yang kita download.

Selain itu, Launcher tidak hanya berurusan dengan keindahan saja tetapi juga menambah fungsionalitas dari homescreen dan halaman menu aplikasi. Karenanya, masing-masing launcher memiliki fitur yang berbeda-beda dalam mengolah home screen maupun menu aplikasi.

Setiap hp android pasti memiliki Launcher. Launcher merupakan bagian dari User Interface (UI). Developer yang bagus akan selalu memberikan update terhadap User Interface nya.

Berikut beberapa contoh fitur yang umum dari sebuah Launcher, di antaranya

  • Mengganti wallpaper baik gambar yang didownload atau dari koleksi foto kita
  • Mengganti Theme. Di dalam Theme ini juga terdapat piihan wallpaper dan juga ikon-ikon aplikasi. Jika kita mengganti theme maka ikon juga berubah gambar maupun bentuknya.
  • Mengorganisir ikon applikasi ke dalam folder sehingga nampak lebih rapi
  • Mengatur besar kecil ikon, warna-ukuran-jenis huruf nama ikon dan folder
  • Mengatur perpindahan layar ketika layar di geser.
  • Dan masih sangat banyak lagi.

Banyaknya fitur yang di tawarkan juga tergantung dari developer masing-masing. Di samping itu ada juga fitur yang tidak semua launcher memilikinya. Misalnya kemampuan menyembunyikan dan mengunci aplikasi serta adanya kemampuan menginstall icon pack dari pihak ketiga.

Selain launcher bawaan dari hp android, ada banyak juga launcher dari pihak ke tiga yang bisa kita download di playstore. Ada yang murni gratis, ada juga yang gratis setengah-setengah. Mayoritas fitur gratis tapi pada beberapa fitur yang ditawarkan kita harus upgrade ke premium yang berarti harus beli dulu.

Dan juga ada yang memang tidak gratis sama sekali. Ini adalah salah satu kelebihan Android di mana kita diberi keleluasaan untuk mengganti Launcher. Setelah mengetahui apa itu launcher dan kegunaannya, langsung saja kita masuk ke cara menghapus launcher yang tidak bisa dihapus.

Cara Uninstall Launcher di Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Sudah saya katakan di awal artikel ini, bahwa setelah kita selesai menginstall launcher dan kembali ke homscreen, akan ada pilihan launcher dan opsi gunakan secara default. Saat menggunakan launcher secara default, artinya launcher tersebut sedang berjalan.

Karena launcher bawaan dari sistem, maka jika sedang berjalan, aplikasi launcher pada android tidak bisa diuinstall. Namun tenang, karena ada cara untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan cara mengubah pengaturan default launcher. Simak kiat-kiat berikut ini.

  1. Masuk ke pengaturan, lalu cari manajer aplikasi. Tiap-tiap hp bisa saja berbeda letak menu dan nama menu pada pengaturannya.
  1. Jika sudah masuk ke dalam pengaturan aplikasi, cari menu untuk mengatur default aplikasi.
  1. Lalu akan muncul beberapa sub menu, pilih yang home app atau launcher.
  1. Lalu ganti aplikasi launcher yang ingin kamu hapus ke launcher bawaan atau launcher lain.
  1. Sekarang coba cek kembali apakah launcher yang ingin dihapus sudah bisa dihapus atau belum.

Jika masih belum dapat diunisntall, coba restart hp setelah melakukan cara di atas.

Mudah bukan caranya? Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Launcher Android yang Tidak Bisa Dihapus"

Berlangganan via Email