Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Ceramah


Banyak orang yang salah mengerti mengenai ceramah, ceramah tidak hanya berisi tentang kajian agama atau berkaitan dengan agama. Ceramah itu hal yang umum, semua orang dapat melakukan ceramah. Tepatnya ceramah adalah sebuah kegiatan penyampaian pesan yang memiliki tujuan untuk memberikan nasihat, petunjuk atau pun petuah pada pendengar secara lisan. Pendengarnya dapat siapa saja, masyarakat luas atau khalayak.

Dalam ceramah terdapat yang namanya teks ceramah. Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas mengenai teks ceramah, mulai dari pengertiannya hingga ke kaidah teks ceramah. Simak lebih lanjut.

Pengertian Teks Ceramah

Teks ceramah adalah tulisan yang terdiri dari beberapa paragraf yang isinya mengandung informasi pengetahuan atau ajakan kepada khalayak yang mendengarkan. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, teks ceramah biasanya memiliki pesan yang bertujuan untuk memberikan nasihat, petunjuk, atau petuah secara lisan.

Dalam KBBI kata ceramah mempunyai arti pidato oleh seseorang di hadapan banyak pendengar, mengenai suatu hal, pengetahuan, dan sebagainya

Umumnya khalayak dari teks ceramah bersifat spesifik karena diumumkan di komunitas atau kelompok masyarakat tertentu.

Ciri-ciri Teks Ceramah

Teks ceramah mempunyai beberapa ciri-ciri, antara lain:

  1. Teks ceramah disampaikan oleh seseorang yang ahli dalam bidang atau disiplin ilmu tertentu.
  2. Teks ceramah punya struktur yang lengkap, biasanya terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup.
  3. Isi teks ceramah disesuaikan dengan pemilihan tema yang sesuai dengan kegiatan yang sedang diselenggarakan.
  4. Bahasa yang digunakan dalam teks ceramah adalah bahasa yang mudah dipahami dan sopan.
  5. Teks ceramah berisi informasi yang bertujuan untuk memberi nasihat, ajakan, menghibur, dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis-jenis Ceramah

Terdapat beberapa jenis teks ceramah, yaitu bergantung pada khalayaknya, apakah ceramah tersebut akan disiarkan kepada khalayak umum atau spesifik. Berikut penjelasannya.

1. Ceramah Umum

Ceramah umum adalah pesan yang tujuannya memberikan suatu nasehat serta petunjuk-petunjuk yang diarahkan pada khalayak ramai, atau masyarakat luas. Biasanya ceramah umum sifatnya menyeluruh, maksudnya, tak ada batasan apa saja baik itu dari pendengar yang telah tua ataupun yang masih muda, materinya juga tidak ditentukan, sesuai dengan acara.

2. Ceramah Khusus

Ceramah khusus adalah ceramah yang tujuannya untuk memberikan nasehat serta petunjuk-petunjuk pada mad’u atau khalayak tertentu. Ceramah ini bersifat khusus, baik itu materinya maupun yang lainnya. Pada ceramah khusus, banyak patokan yang dibuat contohnya materi yang menyesuaikan dengan keadaan. Misalnya Peringatan Isra’ dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Tujuan Ceramah

Setiap teks ceramah pasti mempunyai tujuan, namun secara umum tujuan teks cerama adalah:

1. Informatif/instruktif

Memberikan informasi pada pendengar tentang sebuah hal sehingga pendengar bisa memahami atau mengerti isi informasi tersebut jelas dan benar.

2. Persuasif

Mengajak pendengar agar mengikuti apa yang sudah pembicara sampaikan supaya keyakinan pendengar semakin bertambah guna melakukan sesuatu kearah yang lebih baik lagi.

3. Argumentatif

Untuk meyakinkan pendengar tentang sebuah hal.

4. Deskriptif

Untuk menggambarkan atau melukiskan mengenai sebuah keadaan.

5. Rekreatif

Untuk menghibur atau menggembirakan pendengar supaya merasa puas.

6. Naratif

Untuk menceritakan sesuatu hal pada pendengar.

Unsur-unsur Ceramah

Terdapat 3 unsur yang ada pada teks ceramah, antara lain:

1. Penceramah

Sebagai seorang penceramah, wajib mempunyai ilmu yang mumpuni pada materi dan menguasai materi yang diberikan kepada pendengar.

2. Pendengar

Unsur ceramah yang kedua adalah pendengar. Pendengar adalah orang yang menerima nasehat serta petunjuk dari seorang penceramah.

3. Materi

Materi yang diberikan dalam ceramah biasanya bersumber dari mana saja, namun paling sering adalah ajaran-ajaran pada agama. Ceramah yang baik ialah ceramah yang bisa dan sanggup membuat pendengar terdorong serta berminat untuk melakukan nasehat-nasehat yang sudah diberikan oleh penceramah.

Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

  1. Memakai kalimat simpleks,tunggal,kompleks,serta majemuk.
  2. Memakai kata kerja mental, Contohnya memprihatinkan.
  3. Kalimat sifatnya deklaratif serta imperatif (persuasif/ajakan).
  4. memakai kata-kata yang menunjukkan kaitan argumentasi (sebab-akibat) satu dengan yang lainnya.
  5. Memakai kata-kata teknis/peristilahan yang berhubungan dengan topik yang dibahas penceramah.
  6. Memakai kata sapaan orang kedua atau ketiga yang sesuai dengan bahasa daerah setempat, santun serta sesuai dengan kondis atau situasi.

Metode Ceramah

Terdapat beberapa metode dalam berceramah, di bawah adalah penjelasannya.

1. Menghafal

Metode dengan menghafal teks ceramah yang pertama dan paling umum.

2. Ekstemporan

Metode ceramah dengan cara cuma menuliskan pokok pembahasan maupun gagasan utama saja,

3. Impromptu

Metode yang paling sering dipakai oleh para penceramah senior sertaz berpengalaman, karena tidak ada persiapan serta menyampaikan ilmu yang dipunyai yang diingatnya,

4. Membaca naskah

Biasanya metode ini dipakai oleh para penceramah baru serta pemula sebab gampang untuk membaca naskah secara lengkap,

Struktur Teks Ceramah

1. Pendahuluan

  • Pembuka
    Bagian tersebut berisi salam pembuka, ucapan penghormatan, serta ucapan syukur.
  • Pengantar
    Bagian tersebut adalah paragraf pengantar yang mengarah pada topik. Biasanya pengantar berasal dari informasi maupun berita yang faktual yang masih berhubungan dengan topik ceramah.

2. Isi Ceramah

  • Inti
    Berisi paparan dari penceramah, pandangan umum, serta ilustrasi dari materi yang diberikan.
  • Gagasan
    Berisi ide besar yang mau disampaikan pada pendengar. Ceramah yang baik isinya satu gagasan besar lalu dikembangkan dalam subtopik.

3. Penutup

  • Simpulan
  • Ucapan permintaan maaf
  • Salam penutup

Tips Menjadi Penceramah yang Baik

Di bawah adalah beberapa tips untuk menjadi penceramah yang baik.

  1. Mereka memandang sebuah hal dari sudut pandang yang baru, mengambil titik pandang yang tak dikira pada hal-hal umum.
  2. Mereka memiliki pengetahuan luas. Mereka memikirkan serta membicarakan isu-isu dan bermacam pengalaman di luar kehidupan mereka sehari-hari.
  3. Mereka antusias, menunjukkan keinginan besar pada apa yang mereka perbuat dalam kehidupan mereka, ataupun pada apa yang dia katakan pada kesempatan itu.
  4. Mereka tidak mau membicarakan diri mereka sendiri.
  5. Mereka sangat mau tahu. Mereka bertanya, “Mengapa?” Mereka mau tahu lebih banyak tentang apa yang dia katakan.
  6. Mereka memberikan empati. Mereka berusaha menempatkan diri mereka pada posisi dia guna memahami apa yang dia katakan.
  7. Mereka memiliki selera humor, serta tidak keberatan mengolok-olok diri sendiri.Konversasionalis terbaik selalu mengisahkan pengalaman konyol mereka sendiri.
  8. Memiliki gaya bicara sendiri.

Contoh Teks Ceramah

1. Contoh Teks Ceramah Singkat

Selamat pagi murid-muridku yang saya kasihi, serta rekan-rekan guru yang saya hormati.

Pertama-tama, mari kita ucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena karunia-Nya sehingga kita semua bisa berkumpul pada acara pagi hari ini.

Seperti yang sudah kita ketahui, lingkungan di sekitar kita menjadi cerminan budaya sekolah kita. Sangat tidak enak apabila lingkungan di sekitar kita ini tidak enak dipandang dan tidak nyaman lagi. Apalagi sekolah ini sudah jadi rumah kedua kita yang setiap hari kita datangi untuk menuntut ilmu.

Lingkungan sekolah yang nyaman dan sejuk akan meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar mengajar. Selain itu, kita pun jadi bisa berkontribusi terhadap penciptaan budaya yang ramah lingkungan.

Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari sekolah ini, sangat menginginkan agar murid-murid dan rekan-rekan guru sekalian bisa tetap menjaga keasrian dan kebersihan lingkungan sekolah kita.

Setiap kelas harus berkontribusi menyumbangkan dua pohon lalu merawatnya dan juga satu tong sampah di setiap depan kelas. Kemudian, setiap hari harus dibuatkan jadwal piket untuk membersihkan kelas dan taman di depan kelas. Jangan lupa juga untuk membuang sampah pada tempatnya karena dengan begini, tong sampah sudah tersedia banyak dan tidak ada alasan lagi untuk malas membuang tempat sampah ke tempatnya. Semoga dengan cara ini, kita bisa bergotong royong untuk sama-sama memelihara lingkungan yang bersih dan sejuk.

Harapan saya adalah dengan tindakan-tindakan kecil yang dilakukan secara bersama-sama ini, pada akhirnya bisa membawa perubahan besar bagi lingkungan sekolah, bahkan lingkungan daerah sekitar kita.

Akhir kata, terima kasih atas kesempatan waktu yang diberikan, mohon maaf bila ada salah kata, dan mari kita bersama-sama memelihara lingkungan sekolah yang sehat, bersih, dan nyaman!

2. Contoh Teks Ceramah Lucu

Halo, guys! Thank you karena sudah memberikan saya kesempatan untuk berbicara. Pertama-tama hari ini yang mau saya bahas ialah kejomloan. Ayo, siapa yang jomlo di sini?

Kalau membahas masalah remaja atau anak-anak puber, pasti enggak jauh-jauh dari yang namanya cinta. Ada yang suka sama gebetan tapi bertepuk sebelah tangan, ada yang suka sama gebetan, eh gebetannya juga suka sama dia. Ada juga yang jadian, putus, nyambung, putus, nyambung, udah kayak extension hair!

Nah, tapi dalam kehidupan percintaan, enggak cuma anak remaja sih, orang dewasa juga sebenarnya punya predikat ini. Yakni jomlo! Ayo, siapa yang sudah lama banget ngejomlo dan kangen banget pingin punya pacar?

Jomlo ini suka banget di-bully sama teman-temannya. Kenapa? Karena ternyata jadi jomlo itu akibat enggak laku. Waduh! Padahal nih ya, kalau kata Pocoooong mah, hantu yang jadi seleb di Twiiter itu tuh, ‘jomlo itu nasib, kalau single itu prinsip.”

Eeeaaa, jadi siapa di sini yang jomlo, siapa di sini yang single?

Padahal jadi jomlo itu enak banget lho, guys. Serius! Coba deh kalian bayangkan, kalian itu terbebas dari yang namanya drama, uang jajan full buat diri sendiri dan bisa ditabung, enggak perlu setiap menit kasih laporan ke pasangan, bisa nge-like foto siapa saja di Instagram, dan paling asyiknya bisa main sama siapa saja tanpa ada yang marah!

Apalagi kalian kan masih muda, ya, jadi sebenarnya masih banyak sekali pengalaman-penglaman yang harus di-explore. Dan kadang mau berpetualang itu kalau punya pacar suka dipersulit! Iya enggak, sih?

Makanya, buat kalian yang jomlo, selow aje! Nanti kalau sudah waktunya tiba punya pacar juga, pasti punya, kok! Jangan minder kalau sering di-bully karena jadi jomlo itu, keren! Setuju?

Oke deh, kayaknya sekian dulu ceramah saya tentang kejomloan hari ini. Terima kasih ya, guys, sudah diberi kesempatan di sini. Sampai jumpa di lain waktu!

3. Contoh Teks Ceramah Pendidikan

Assalamua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT atas karuna dan rahmat-Nya yang begitu besar bagi kita, tidak lupa juga shalawat dan salam kepada nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang terhormat, suatu bangsa akan lebih dihormati dan lebih maju bukan hanya karena kecanggihan teknologi, tetapi juga karena pendidikan moral yang lebih baik. Moral ini bisa dilihat dari tingkah laku yang dilakukan oleh masyarakatnya sehari-hari.

Majunya teknologi, tentu harus dibarengi pula dengan kemajuan cara berpikir. Sebagai orang tua, kita harus bisa dan bertanggung jawab terhadap perkembangan moral putra-putri kita agar bisa tetap berada di jalan yang benar dan tetap bisa jadi manusia yang bermanfaat bagi satu sama lain.

Jangan hanya memberikan nasihat saja, tetapi contohkan juga pada anak-anak bagaimana moral seharusnya berjalan. Misalnya, ada nenek-nenek sudah renta yang hendak menyebrang jalan, coba dibantu. Jangan pula membuat prank-prank untuk konten sosial media yang isinya merugikan orang lain, seperti memesan makanan dengan ojek online, ketika sudah dibeli, eh, dibatalkan.

Tentu saja hal ini terjadi karena kurangnya penanaman moral dan empati pada anak-anak. Mereka melakukan hal-hal tersebut karena dianggap lucu, padahal tidak mengerti apa pentingnya pesanan itu bagi si bapak ojek online.

Anak-anak itu ibarat sponge, berapapun umur mereka. Panutan yang paling diikuti, secara sadar dan tidak adalah orang tua. Untuk itu, penting juga bagi orang tua agar ikut berubah dan memiliki empati bagi orang lain, supaya pendidikan moral itu bisa terbentuk dengan sendirinya.

Sekian ceramah yang saya sampaikan hari ini. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah dan menyinggung di hati. Mudah-mudahan kita semua bisa jadi panutan bagi anak-anak kita demi tercapainya pendidikan moral yang lebih baik bagi bangsa.

Wassalamua’laikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itu lah materi mengenai teks ceramah, semoga bermanfaat, terima kasih.


Posting Komentar untuk "Teks Ceramah"