Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memulai Tulisan dengan Mudah agar Terus Mengalir


Banyak orang yang ingin sekali menulis, tapi nggak tahu harus mulai menulis dari mana atau nggak tahu cara memulai tulisan. Banyak juga orang yang belum sadar bahwa terdapat banyak sekali manfaat yang kita akan dapatkan dari menulis.





Menulis memang nggak semudah itu, tapi juga nggak sesulit itu kok. Namun, kalau terus-terusan ditunda, ditahan-tahan, kapan tulisan kita akan jadi. Kalau kata Pramoedya Ananta Toer "Menulis lah sedari kecil, tulisan yang dari kecil ditulis pasti akan jadi".





Nah, di sini saya akan memberitahu cara memulai atau cara mulai menulis agar nantinya kamu menulis mengalir seiring otak kamu berpikir. Ingin kan seperti itu? Simak tipsnya.





Cara memulai tulisan





Sebelum masuk ke tips memulai tulisan, ada baiknya jika kamu rileks terlebih dahulu agar apa yang nanti kamu baca bisa diingat dengan baik.





Mulai dengan menulis ide





Sebelum menulis pasti ada ide menulis terlebih dahulu. Kalau tidak ada ide, apa yang mau ditulis? Saya menulis tulisan ini pun berawal dari sebuah ide. Apa pun ide tulisan kamu, nantinya itu akan jadi fondasi tulisan kamu.





Ide juga membuat kita agar tetap pada batasan topik yang dibahas. Jika kamu belum menemukan ide tulisan, coba lah membaca buku atau keluar rumah meliat keramaian, biasanya di saat seperti itu akan terbesit sebuah ide.





Kalau bisa ide yang kamu dapatkan itu adalah hal yang kamu sukai. Misal, kamu suka teknologi, ide tulisan kamu juga se-bisa mungkin berkaitan dengan teknologi. Agar nantinya kamu dapat dengan mudah mengembangkannya.





Kembangkan ide





Setelah kamu menemukan dan menulis ide tulisan kamu, langkah selanjutnya adalah mengembangkan ide tersebut. Mengembangkan ide sama halnya dengan mencari ide. Bedanya adalah kita sudah tahu ingin menulis apa.





Mengembangkan ide sama dengan mencari informasi seputar ide. Menggali informasi terkait apa yang nantinya akan kita tulis nanti. Caranya adalah dengan membaca artikel atau tulisan seputar ide yang ingin kamu tulis.





Bukan hanya membaca, kamu juga bisa menonton video atau mendengarkan audio yang berkaitan dengan ide kamu. Intinya adalah menambah wawasan seputar ide yang ingin kamu tulis.





Buat kerangka tulisan





Setelah menulis ide dan mengembangkannya, selanjutnya buat kerangka tulisan. Kerangka tulisan biasanya berisi hal-hal apa saja yang ingin kamu tulis.





Gunakan jurus 5w+1h untuk membuat kerangka tulisan, yaitu apa, mengapa, siapa, kapan, di mana, dan bagaimana. Dengan menggunakan 5w+1h kamu nantinya akan dengan mudah menuliskan hal apa saja yang ingin kamu tulis.





Dengan 5w+1h juga kita akan menulis seperti menjawab pertanyaan. Jadi akan terus mengalir mengikuti apa yang ada dalam otak kita.





Kumpulkan rujukan yang relevan





Setelah kerangka tulisan jadi, saatnya mengumpulkan bahan-bahan tulisan atau referensi tulisan kita. Biasanya rujukan bisa kita dapatkan saat kita sedang mengembangkan ide.





Karena saat mengembangkan ide, kita membaca beberapa tulisan terkait apa yang nantinya akan kita tulis. Jadi seharusnya langkah ini sudah setengah selesai saat kita mengembangkan ide.





Namun, lebih baik jika kita menambahkan lagi rujukan tulisan kita agar nantinya tulisan kita kaya akan perspektif. Rujukan yang dikumpulkan harus relevan ya dengan ide kita.





Jadi itu lah cara bagaimana memulai sebuah tulisan yang baik agar mengalir. Mudah bukan? Harusnya mudah sekali. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas saya yakin kamu akan dengan mudah memulai tulisan kamu.





Jika masih ada yang bingung atau ingin ditanyakan, boleh banget komentar atau hubungi admin ya.





Udah tahu kan cara memulainya? Yuk nulis aja dulu.


Posting Komentar untuk "Cara Memulai Tulisan dengan Mudah agar Terus Mengalir"