Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Ciri-ciri Kalimat Efektif dan Contohnya


Bilamana kamu ingin berlatih menulis, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan. Salah satunya yang cukup penting adalah penggunaan kalimat efektif. Ada setidaknya 12 ciri-ciri kalimat efektif.





Pastinya kamu wajib mencermati kalimat yang akan ditulis agar menarik dan tak terjadi perulangan kata-kata yang malah akan membuat bosan pembaca. Kalimat efektif yaitu kalimat yang dirangkai sesuai kaidah yang ada.





Kaidah atau aturan itu seperti adanya unsur subjek dan predikat; penggunaan ejaan yang disempurnakan; dan juga pemilihan kata yang sesuai (diksi).





Kalimat efektif dalam sebuah tulisan atau karya sastra akan membuat pembaca lebih mudah memahami apa yang dipaparkan penulis. Kalimat efektif menurut JS Badudu "Kalimat yang baik sebab apa yang dipikirkan atau dirasakan pembaca sama benar dengan apa yang dipikirkan atau dirasakan penulis.





Ciri-ciri Kalimat Efektif





Kamu pun harus tahu juga apa saja ciri ciri kalimat efektif dalam bahasa Indonesia sehingga bisa diterapkan dalam tulisan.  Berbagai ciri kalimat efektif  termasuk :





  • Menggunakan diksi yang sesuai.
  • Memiliki unsur penting sebuah kalimat setidaknya harus ada Subyek dan Predikat.
  • Patuh dengan kaidan ejaan yang disempurnakan (EYD).
  • Memberikan penekanan pada ide pokok.
  • Berpedoman pada penghematan kata dalam kalimat.
  • Adanya kesejajaran pola bahasa yang digunakan.
  • Menggunakan variasi struktur kalimat.
  • Menggunakan kesepadanan dari struktur bahasa dengan pola pikir logis dan sistematis.
  • Adanya koherensi antar kalimat.
  • Mempertimbangkan pararelisme.
  • Menyatakan komunikasi berharkat.
  • Memperhitungkan pilihan kata yang sesuai.




Syarat Kalimat Efektif





Selain mengetahui ciri-ciri kalimat efektif, kamu pun harus paham juga syarat syarat yang wajib ada sehingga bisa menyusun kalimat yang efektif. Syarat syarat itu adalah :





  1. Kesatuan




Kesatuan yaitu proporsi dari pikiran dan struktur bahasa yang dipakai. Kesatuan gagasan kalimat tersebut ditunjukkan dengan kesepadanan yang harmonis serta kepaduan pikiran yang pas.





  1. Kehematan




Kehematan yaitu upaya menjauhi penggunaan kata yang tak perlu. Hemat artinya tak memakai kata-kata secara berlebihan, tak menduplikasi kata yang sudah jamak, serta tak mengulang-ulang penyebutan subyek berkali-kali. Bila kamu bisa menghemat kata maka kalimat yang terbentuk pun akan padat dan berisi.





  1. Keparalelan




Keparalelan adalah kesamaan bentuk yang dipakai untuk menyusun kalimat tersebut. Artinya bila di kata pertama bentuknya adalah verba, untuk itu kata kedua pun mesti menggunakan verba.





  1. Kelogisan




Kelogisan dalam sebuah kalimat artinya ide yang disampaikan bisa diterima nalar dengan bentuk penulisan sesuai dengan ejaan yang benar.





  1. Koherensi




Koherensi atau padanan katanya kepaduan yaitu adanya korelasi yang padu dari unsur-unsur penyusun kalimat. Ini adalah salah satu syarat sebuah kalimat bisa menjadi efektif. Kepaduan akan membuat tiap informasi yang diambil pembaca tak sepotong sepotong yang akan mengaburkan atau memelencengkan makna sebenarnya.





  1. Ketepatan




Ketepatan yaitu kecocokan atau kesesuaian penggunaan unsur-unsur yang menyusun sebuah kalimat agar dihasilkan arti yang utuh dan jelas.





Silahkan kamu simak contoh kalimat yang tidak efektif dan kalimat efektif berikut ini :





Contoh Kalimat Tidak Efektif





Kalimat tidak efektif : saya ini merupakan mahasiswa Universitas Gajah Mada, kebetulan saya kontrak rumah di kawasan Stasiun Tugu. Sehingga untuk pergi kuliah saya mesti memanfaatkan angkutan umum ialah, Trans Jogja. Tak hanya saya, tidak sedikit para mahasiswa Gajah Mada yang menetap di kawasan Stasiun Tugu yang memakai fasilitas Trans Jogja untuk sarana transportasi.









Contoh Kalimat Efektif





Kalimat efektif : Saya mahasiswa Universitas Gajah Mada. Saya kontrak rumah di kawasan Stasiun Tugu. Untuk pergi kuliah, saya memanfaatkan transportasi umum ialah, Trans Jogja. Tak hanya saya, banyak mahasiswa Gajah Mada yang menetap di Stasiun Tugu memakai fasilitas Trans Jogja untuk sarana transportasi.









Kalimat efektif adalah kalimat yang menarik dan mudah dipahami pembaca. Setelah membaca dan melihat contoh kalimat efektif, terdapat setidaknya 12 ciri-ciri kalimat efektif dan 6 syarat agar kalimat bisa dikatakan efektif.





Terima kasih, semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "12 Ciri-ciri Kalimat Efektif dan Contohnya"