Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Screenshot di Laptop atau Komputer


Jika Anda masih menggunakan cara menekan tombol PrintScreen setiap kali ingin screenshot di PC Windows : Stop.





Pada 2020 ini, ada cara yang lebih baik untuk mengambil tangkapan layar di PC saat ini daripada menekan tombol PrintScreen, menempelkannya ke Paint, kemudian memotongnya.





Dalam panduan berikut ini ada beberapa rekomendasi tool screenshot untuk Windows yang jauh lebih mudah, lebih cepat dengan hasil sangat baik.





Cara Screenshot Menggunakan Snipping Tool





Prosedur paling praktis untuk masuk ke menu Snipping Tool yaitu dari Start Menu. Untuk PC Windows 7 atau Windows 10, tekan tombol Start di kiri bawah atau klik tombol Windows dari papan ketik. Lalu tuliskan snipping terus tekan Enter kala ditampilkan untuk mengaktifkannya.  





Untuk PC Windows 8.1, klik tombol Windows di keyboard untuk masuk  ke layar Start. Ketikkan snipping kemudian klik program tersebut untuk membukanya.





Begitu terbuka, klik kanan simbol Snipping Tool di layar bawah lalu kamu bisa memilih Pin to taskbar sehingga lebih memudahkan untuk membukanya lagi sewaktu-waktu.





menggunakan snipping tool




Begitu Snipping Tool terbuka, kamu akan menemukan jendela kecil. Bila ingin membuat screenshot, mula-mula kamu harus menentukan mode yang diinginkan. Untuk PC Windows 10, manfaatkan dropdown Mode untuk menentukan salah satu.





Sementara untuk versi Windows di bawahnya bukan menu drop down tapi ditunjukkan di bawah ikon panah di samping menu New.





Fitur Snipping Tool di Windows menyediakan 4 pilihan pengambilan tangkapan layar yaitu :





  • Menu Free-form Snip, memudahkan kamu menentukan batas screenshot bebas sesuai gerakan tangan.
  • Menu Rectangular Snip, tangkapan layar berbentuk kotak yang bisa disetel besar kecilnya.
  • Menu Window Snip, melakukan screenshot untuk seluruh jendela aplikasi.
  • Menu Full-screen Snip, melakukan screenshot seluruh tampilan layar.




Kalau kamu memilih salah satu dari dua menu pertama, kamu mesti memakai mouse untuk menentukan batas dari bagian layar yang hendak difoto.





Menggunakan menu Window Snip, bawa mouse ke jendela yang hendak dijepret kemudian klik. Full-screen Snip akan menjepret seluruh tampilan desktop.





Pada Windows 10, kamu pun bisa membuat screenshot ketika jeda dengan fitur Snipping Tool. Cara ini berfungsi ketika ingin menangkap gambar layar dari menu konteks yang hilang saat kamu mengklik lagi.





Tekan tombol Delay kemudian tentukan mulai satu hingga lima detik. Selanjutnya, ketika kamu klik tombol New untuk menjalankan snip, maka program akan menunggu sebelum memperlihatkan prompt screenshot. Fitur ini akan memudahkan kamu membuka menu atau menyiapkan program untuk di-screenshot.





screenshot dengan snipping tool




Sesudah kamu membuat screenshot maka hasilnya akan ditampilkan di Snipping Tool dengan begitu kamu bisa mengolahnya bila dibutuhkan. Bilamana kamu merasa tak cocok dengan hasilnya, tekan tombol New untuk membuat tangkapan layar baru.





Program Snipping Tool cuma menawarkan beberapa fitur untuk mengedit. Tekan Pen untuk menggambar di hasil screenshot tersebut. Manfaatkan menu dropdown di samping Tool bila ingin mengganti warna atau mengubah ketebalan frame.





Kamu pun bisa menggunakan menu Highlighter bila ingin menampilkan fokus tertentu di gambar. Sementara fitur Eraser berguna untuk menghapus goresan pena atau stabilo yang sebelumnya dibuat.





Tekan kemudian tahan, dan gerakkan kursor melewati tanda untuk menghapusnya. Perlu diingat jika tak tersedia menu Undo dalam program Snipping Tool, sehingga kamu hanya bisa mengandalkan Eraser ini.





Sesudah editing selesai, kamu bisa menyimpan gambar atau juga mengirimkan ke orang lain via e-mail. Tekan tombol Save kemudian tentukan lokasi drive di komputer sebagai tempat menyimpan file tersebut.





Format gambar default yang dihasilkan adalah PNG sebagai format gambar terbaik yang cukup detil. Tekan menu Copy untuk menyimpan gambar dalam clipboard.





Dari situ, kamu bisa menempelkannya dengan menekan tombol Ctrl + V di mana pun akan diletakkan. Di samping itu, kamu bisa menekan tombol e-mail bila ingin  mengirimkan gambar dari program email client default.





Fungsikan panah untuk mencari Email Recipient (as attachment) untuk gantinya. Bila kamu ingin mencetaknya, cukup tekan tombol Ctrl + P yang akan menampilkan jendela dialog Print.





Cara Screenshot Menggunakan Snip & Sketch





Snip & Sketch adalah cara untuk mengambil screenshot sebagian dari layar, Windows, atau seluruh layar, dan dengan cepat lalu menyimpannya ke folder yang diinginkan. Fitur screenshot ini tersedia di Windows 10 dan belum ada di versi Windows sebelumnya.





cara menggunakan snip and sketch




Tekan saja tombol Windows + Shift + S untuk membuka menu kecil yang memungkinkan kamu menggambar di layar atau mengambil screenshot darinya. Fitur Snip & Sketch sederhana dan sangat cepat, dan memungkinkan kamu mengedit file sebelum menyimpannya.





Cara Screenshot Menggunakan Windows Game Bar





Jika kamu ingin mengambil tangkapan layar penuh, atau ingin merekam video layar, aplikasi bawaan Windows lain sudah kamu miliki. Itu adalah Windows Game Bar (terkadang juga dinamakan Xbox Game Bar).





Untuk mengakses Bilah Game, tekan Windows + G secara bersamaan. Jendela yang muncul akan menampilkan tombol untuk mengambil tangkapan layar, merekam video permainan, dan fitur lainnya.





cara ss menggunakan windows game bar




 Untuk mengambil tangkapan layar tanpa membuka bilah terlebih dahulu, gunakan pintasan keyboard Windows + Alt + PrintScreen. (Kamu mungkin juga harus menahan tombol Function pada saat yang bersamaan jika menggunakan keyboard laptop).





Notifikasi akan muncul yang memberitahukan bahwa tangkapan layar telah disimpan, dan secara default, masuk ke direktori ‘Capture’ di folder Video kamu.





Screenshot dengan mudah Menggunakan LightShot





Bilamana tak ada cara yang bisa memenuhi kebutuhan kamu, masih tersedia berbagai tool screenshot pihak ketiga yang bisa digunakan. Salah satunya yaitu Lightshot.





Lightshot merupakan tool tangkapan layar yang begitu simpel tetapi handal. Lightshot utamanya menjadi tool andalan saat bekerja dengan orang lain dari jarak jauh.





Ini memungkinkan kamu untuk langsung meng-upload hasil tangkapan layar dengan membagikan URL agar bisa diakses oleh orang lain. Program ini tersedia gratis di situs resminya, kamu bisa download menggunakan link di bawah.





Download Lightshot.





Lightshot sendiri cuma menyediakan mode tunggal. Lightshot mengharuskan kamu menentukan area layar yang hendak difoto. Jadi tak menyediakan menu untuk menangkap gambar jendela aktif atau pilihan untuk menangkap gambar seluruh layar.





cara mengambil screenshot menggunakan lightshot




Tekan ikon LightShot atau di menu bar sehingga layar akan berubah menjadi Lebih gelap. Atau semudah menekan tombol PrintScreen. Lightshot pun akan mengkonversi kursor ke ikon area selector area.





Untuk menentukan bidang yang hendak di-screenshot, klik titik awal kemudian seret mengikuti bidang yang hendak difoto.





Sesudah kamu menentukan area, menu mengambang akan ditampilkan yang memungkinkan kamu melakukan tindakan lebih lanjut misalnya menyisipkan garis panah, menyisipkan garis lurus, memasukkan teks, menyorot area tertentu hingga membuat persegi panjang.





Langkah menyimpan hasil screenshot di komputer yaitu dengan klik simbol floppy disk di bawah area yang dipilih.


Posting Komentar untuk "4 Cara Screenshot di Laptop atau Komputer"

Berlangganan via Email