Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Flashdisk serta Kelebihan dan Kekurangannya


Flashdisk, sebuah benda kecil dengan kegunaan yang sangat penting. Kamu boleh jadi sudah memilikinya, bahkan mungkin lebih dari satu. Dalam bahasa Inggris, selain disebut flashdisk juga dinamakan flash drive atau data stick. Sebagai tempat penyimpanan data, perangkat ini sangat populer terlebih dengan perkembangan dunia digital yang begitu pesat.

Meskipun penyimpanan cloud menawarkan kapasitas yang lebih besar namun flashdisk tetap diandalkan banyak orang sebab benda ini ideal untuk berbagai kegunaan selain penyimpanan, termasuk beberapa kegunaan yang mungkin tidak terduga.

Pengertian Flashdisk

Flashdisk adalah tipe drive dengan colokan USB portabel untuk menyimpan dan sekaligus juga mentransfer data. Fasilitas penyimpanan ini biasanya hanya seukuran ibu jari kamu.

Flashdisk bekerja layaknya disket di masa lalu dimana informasi dapat disimpan dan ditulis di dalamnya. Kamu bisa membaca, menulis, menyalin, menghapus dan memindahkan data dari flashdisk ini ke harddisk drive laptop atau komputer dan juga sebaliknya.

Selain bersifat portable atau kompak, flashdisk pun tidak memerlukan jenis instalasi perangkat lunak apa pun. Semua yang diperlukan hanyalah sebuah colokan USB dimana setiap laptop, PC, dan bahkan smartphone pun memilikinya.

Sebuah flashdisk biasanya terdiri dari konektor USB, pengontrol penyimpanan massal, satu atau lebih chip memori flash, dan osilator kristal, serta fitur tambahan seperti jumper, LED, sakelar, dan ruang yang tidak berpenghuni (Unpopulated space). Kegunaan dari masing-masing komponen itu adalah :

  • USB Standard-A, "male" connector, yang berinteraksi dengan komputer host
  • USB mass storage controller, yang merupakan mikrokontroler dengan ROM dan RAM on-chip
  • Test Point, digunakan untuk memuat kode ke dalam mikrokontroler
  • Chip memori flash, digunakan untuk menyimpan data
  • Osilator kristal, yang menghasilkan sinyal jam dan mengontrol output data
  • LED, yang menunjukkan transfer data aktif
  • Sakelar proteksi, digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan penulisan data
  • Unpopulated space yang berpotensi digunakan untuk chip memori flash kedua

Kapasitas memori dan kecepatan flashdisk terus meningkat. Pada saat ini flashdisk dengan ukuran memori 512GB dan 1TB pun sudah tersedia. Kecepatan rata-rata untuk perangkat USB 3.0 64GB berperingkat tinggi adalah 104MB / s untuk operasi tulis dan 171MB / s untuk operasi baca.

Baru-baru ini, drive USB pun memasukkan konektor Tipe-C, yang menyediakan konektor yang bahkan lebih kecil dan lebih tipis dibandingkan dengan konektor Tipe-A. Konektor Type-C memiliki bentuk bulat, simetris yang pas dengan port tanpa khawatir terbalik.

Kelebihan Flashdisk

1. Lebih dari sekedar tempat penyimpanan

Meskipun flashdisk dirancang sebagai solusi penyimpanan, pengguna pun bisa menggunakan untuk tujuan lain. Karena ukurannya yang kecil, kapasitasnya besar, dan portabilitasnya maka flashdisk pun bisa diubah untuk menyimpan aplikasi portabel yang dapat diakses oleh pengguna.

Ketika seseorang jauh dari kantor, ia dapat menggunakan flashdisk yang berisi semua perangkat lunak dan data pribadi untuk dibuka di komputer lain. Ia pun memiliki akses ke semua informasi. Saat flashdisk dicabut dari komputer maka tidak ada data pribadi yang tertinggal.

Flashdisk membuat orang dengan mudah untuk menginstal dan memperbarui perangkat lunak. PortableApps.com, misalnya, menawarkan versi ringan lebih dari 300 aplikasi termasuk suite kantor, browser, editor gambar, dan game.

2. Kunci Keamanan

Dalam era digital seberti saat ini, keamanan data pribadi dan perusahaan adalah hal yang sangat penting. Untuk tujuan tersebut, ada perangkat lunak yang bisa mengubah flashdisk menjadi kunci keamanan.

Program tersebut akan berjalan di komputer terus-menerus untuk memeriksa keberadaan kunci terenkripsi yang disimpan di flashdisk. Ketika flashdisk dicolokkan, komputer beroperasi secara normal.

Setelah flashdisk dicabut, komputer secara otomatis terkunci dan memerlukan kata sandi untuk mengaksesnya. Beberapa perangkat lunak bahkan memiliki fitur canggih lain yang mampu memotret kapan saja pengguna yang mencoba mengakses komputer secara tak sah.

Ketika pengguna pergi dan komputer coba dibuka seseorang maka program tersebut pun akan membunyikan alarm ketika kata sandi salah dimasukkan.

3. Promosi Merek

Perusahaan pun bisa menggunakan flashdisk ini sebagai sarana memajang dagangannya. Jadi flashdisk laksana kanvas kosong yang digunakan untuk menuangkan kreativitas dalam bentuk iklan. Misalnya saja iklan laptop, mouse, atau produk lain dapat menggunakan flashdisk untuk media iklannya.

4. Anti Air

Air itu sendiri tidak membahayakan flashdisk. Kerusakan terjadi ketika kamu menghidupkan perangkat dan arus mengalir melalui tetesan air ke komponen-komponen bermuatan listrik.

Kingston Digital 64GB USB 3.0 DataTraveler misalnya, memiliki selubung karet yang tahan goncangan, dan bisa tahan direndam dalam air sedalam satu meter hingga satu jam. Namun pastikan untuk mengeringkan flashdisk kamu secara menyeluruh sebelum mencolokkannya.

5. Hot Swap

Flashdisk akan baik-baik saja saat masih di komputer dalam kondisi menyala lalu dicabut. Port USB dirancang untuk dapat dipasang atau dicopot dalam posisi menyala, meski masih ada sedikit risiko dari Pelepasan ElektroStatis namun risikonya sangat kecil yang tak akan merusakkan komponen-komponen elektronik di dalamnya.

Kekurangan Flashdisk

1. Rentan terkena virus

Meskipun sebagian besar komputer terinfeksi melalui lampiran email, unduhan perangkat lunak, atau media sosial, flashdisk pun bisa menjadi cara yang efisien untuk menyebarkan virus, worm, atau malware lainnya.

Pemilik flashdisk tak menyadari jika ternyata miliknya sudah terinfeksi dengan virus berbahaya saat terhubung ke internet. Tak hanya dari internet, bahkan saat tercolok ke Komputer yang sebelumnya sudah terinfeksi virus pun flashdisk bisa ikut tertular.

2. Harga Mahal

Meskipun ukurannya kecil, harga flashdisk bisa dibilang tidak lah murah. Namun, ini akan sangat tergantung dari kapasitas flashdisk dan mereknya. Misalnya flashdisk ukuran 32 GB dijual Rp.150 ribuan sedangkan yang ukuran 64 GB dijual seharga Rp.200 ribuan.

Setiap perangkat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, termasuk flashdisk sekali pun. Maka dari itu jaga baik-baik barang apa pun yang ada.

Posting Komentar untuk "Pengertian Flashdisk serta Kelebihan dan Kekurangannya"

Berlangganan via Email