Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DNS Tercepat untuk Internet dan Cara Settingnya


Cloudflare meluncurkan layanan DNS resolver di alamat https://1.1.1.1 yang mana diklaim terkencang di dunia. DNS yang merupakan kependekan dari Domain Name System adalah layanan yang menerjemahkan nama domain situs web seperti menjadi alamat IP sehingga pengguna internet bisa membuka situs yang dituju lebih cepat.

DNS resolver yang disediakan oleh Cloudflare akan menampung lalu lintas DNS yang digunakan pengguna. Bedanya dari layanan DNS lain, Cloudflare menekankan aspek keamanan data dan privasi pengguna dengan berjanji menghapus semua log DNS dalam kurun waktu 24 jam.

Privasi dan Keamanan Terjaga

Biasanya penyedia layanan internet (ISP) dan provider menyediakan DNS sendiri, namun pengguna bisa saja memakai DNS yang disediakan pihak lain, seperti OpenDNS dan Google DNS. Nah, DNS dari Cloudflare ini adalah salah satunya.

DNS yang disediakan oleh ISP terkadang juga dimanfaatkan untuk mengintip perilaku pengguna internet. Cloudflare berjanji untuk menghormati privasi dan tidak akan menyimpan atau mempelajari perilaku penggunanya. Dengan kata lain, Cloudflare tidak menyimpan history browsing ataupun alamat IP pengguna DNS besutannya.

Lebih Cepat dari Google

Cloudflare juga mengklaim 1.1.1.1 sebagai DNS tercepat di dunia dengan response time 14 milidetik berdasarkan data dari dnsperf. Angka itu lebih cepat dari OpenDNS (20 milidetik) dan Google DNS (34 milidetik). DNS Cloudflare turut menawarkan dukungan DNS-over-TLS dan DNS-over-HTTPS untuk urusan privasi dan keamanan.

Sudah yakin ingin menggunakan DNS dari Cloudflare ini? Yuk simak cara settingnya di bawah ini.

Cara Setting DNS Tercepat CloudFlare

DNS tercepat Cloudflare ini dapat dengan mudah digunakan di berbagai perangkat, baik desktop maupun mobile. Saya akan menjelaskan cara mengatur DNS untuk perangkat Linux hingga Android.

1. Linux

Linux menyimpan konfigurasi DNS server di dalam file resolv.conf. Nah, kebanyakan distro Linux menempatkan file ini di dalam folder /etc/resolv.conf. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menambahkan alamat IP DNS tercepat CloudFlare ke dalam file ini.

  1. Buka Terminal kemudian edit file resolv.conf.
  2. Tambahkan baris “nameserver 1.1.1.1” tanpa tanda petik ke dalam file resolv.conf.
  3. Lalu simpan konfigurasi yang baru.

Untuk memastikan bahwa konfigurasi barus sudah diterapkan, kamu bisa melakukan pengecekan dengan melakukan ping salah satu domain aktif. Jika berhasil pastikan hasilnya bukan ‘unknown host’.

2. Windows

Setting DNS lebih mudah bagi kamu yang menggunakan Windows karena tidak perlu menggunakan command prompt seperti linux untuk menambahkan DNS tercepat CloudFlare. Kamu hanya perlu mengakses pengaturan jaringan kemudian menambahkan alamat IP DNS CloudFlare.

  1. Buka Control Panel > Network and Sharing Center (Network and internet) > Change Adapter Settings.
  2. Klik kanan koneksi Ethernet atau WiFi yang kamu pakai, kemudian pilih Properties.
  3. Pilih versi protokol yang kamu gunakan, kemudian klik Properties.
  4. Klik “Use The Following DNS Server Addresses”.
  5. Jika kamu menggunakan IPv4, tambahkan di kolom DNS IP 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  6. Sedangkan jika kamu menggunakan IPv6, IP yang dipakai 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001
  7. Simpan pengaturan yang sudah dengan klik ‘Ok’ dan restart ulang koneksi internet dan browser.

3. MacOS

Jika kamu menggunakan macOS, kurang lebih caranya hampir sama dengan pengaturan di Windows. Kamu hanya perlu menambahkan alamat IP DNS CloudFlare ke dalam pengaturan Network.

  1. Buka System Preferences > Network.
  2. Klik koneksi yang Anda gunakan (Ethernet atau WiFi) kemudian pilih Advance.
  3. Klik DNS, kemudian klik tanda plus (+) untuk menambahkan DNS CloudFlare. Anda juga bisa menghapus seluruh input DNS dengan klik tanda minus (-) di semua DNS server yang sudah ada.
  4. Jika Anda menggunakan IPv4, tambahkan di kolom DNS IP 1.1.1.1 dan 1.0.0.1
  5. Sedangkan jika menggunakan IPv6, IP yang dipakai 2606:4700:4700::1111 dan 2606:4700:4700::1001
  6. Klik “Ok” kemudian klik “Apply” untuk menerapkan seluruh konfigurasi yang sudah Anda sesuaikan.

4. Android dan iPhone

Jika kamu ingin menambahkan DNS tercepat CloudFlare ke dalam smartphone, tidak perlu melakukan konfigurasi lagi. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi DNS CloudFlare yang tersedia di apps store maupun play store.

Saat ini DNS CloudFlare menyediakan aplikasi untuk perangkat Android dan iOS. Bagi kamu pengguna Android, silakan download aplikasi DNS CloudFlare melalui Google Play. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan perangkat iPhone, silahkan mengunduh aplikasi DNS CloudFlare di Apple Store.

Tidak ada salahnya menggunakan layanan DNS tercepat CloudFlare. Selain dapat mempercepat internet, layanan ini juga dapat meningkatkan keamanan selama terjadi pertukaran data. Cara setting DNS tercepat dari CloudFlare juga sangat mudah. Bahkan bagi kamu yang menggunakan perangkat Android ataupun iPhone dapat menggunakannya hanya dengan menginstall aplikasinya saja.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "DNS Tercepat untuk Internet dan Cara Settingnya"