Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Reset iCloud Jika Lupa Password

reset icloud mudah

iCloud merupakan layanan dari Apple untuk memudahkan penggunanya. Bisa melakukan sinkronisasi foto, musik, video hingga dokumen lainnya. Ketika pengguna Apple kehilangan password iCloud, tentunya itu bukanlah hal yang bagus. Akun iCloud otomatis terkunci dan tidak bisa dibuka, akibatnya data-data di dalamnya tidak bisa digunakan. Namun tidak perlu khawatir ada cara reset iCloud, untuk mengatasi kegundahan kamu jika lupa password.

Beberapa Metode untuk Atur Ulang iCloud

1. Pentingnya iCloud untuk Perangkat

Sebelum menjawab pertanyaan tentang cara atur ulang akun iCloud, baiknya pahami dulu kegunaannya. Bisa dikatakan iCloud mirip teknologi cloud computing, yang beberapa tahun ramai digunakan. Fungsi iCloud sendiri utamanya untuk menyimpan data secara cloud, sehingga user dapat mengakses data di mana saja. sederhananya iCloud untuk menyimpan, sinkronisasi, backup dan restore data. Selain itu ada fitur “Find My iPhone” yang bisa mengunci jarak jauh, saat iPhone hilang.

2. Mendaftarkan iCloud di Perangkat

Saat kamu membuat ID Apple maka sekaligus mendaftarkan iCloud, agar memudahkan cara reset iCloud jika lupa password. Ada dua pilihan saat membuka halaman utama “Lupa kata sandi” atau “tidak memiliki ID”. Bagi yang belum punya pilih “tidak memiliki ID” kemudian klik “Buat Apple ID Gratis”. Masukkan data diri kamu setelahnya klik “OK”, lalu “Gunakan alamat email saat ini”. Atau “Dapatkan alamat email iCloud gratis” jika menggunakan email baru.

3. Atur Ulang Kata Sandi

Sebelum kamu beranjak untuk atur ulang sandi iCloud, coba diingat-ingat dulu ID Apple kamu. Jika mengingatnya kamu bisa login iCloud menggunakan ID Apple tesebut. Tidak masalah jika memang lupa total, berarti kamu perlu lakukan tahap-tahap reset lebih dulu. Langkat pertama cara reset iCloud ialah masuk ke safari, lalu browsing iForgot disana. Tekan dan masukkan ID Apple kemudian email, lalu pilih “Next” di suduk kanan atas.

Selanjutnya pilih tap “Reset by Email” untuk melakukan pemulihan, selanjutnya konfirmasi akan dikirim ke email kamu. Buka aplikasi email dan kamu tinggal mengikuti petunjuk yang terletak disana, untuk mereset password iCloud. Secara otomatis sandi iCloud akan berubah ke yang baru. Kamu tinggal masuk ke pilihan iCloud dengan masukkan ID Apple atau email, dan password yang baru. Jangan lupa cek kelengkapan dokumen agar tahu utuh tidaknya, jika ada yang hilang langsung dipulihkan.

4. Pulihkan Sandi dari Website

Pertama kunjungilah halaman web ID Apple pada Mac atau PC biasa. Jika kamu juga tidak ingat sandi Apple ID, maka klik “Forgot your Apple ID”. Kamu juga diminta untuk mengisi informasi pribadi yang berkaitan dengan data saat pertama daftar. Saat cara reset iCloud berlangsung diminta verifikasi identitas menggunakan pertanyaan keamanan, atau otentifikasi email. Apple secara otomatis menemukan ID Apple kamu.

Setelah data terverifikasi dan ID Apple ditemukan, langkah selanjutnya membuat password baru. Apple mewajibkan buat password 8 digit dengan kombinasi, huruf kecil, huruf kapital, dan angka. Langkah berikutnya kamu perlu membuat password khusus untuk aplikasi lainnya, termasuk password baru iCloud. Kamu dapat melakukan ini dengan cara klik “Password dan Keamanan” lalu ke “Hasilkan App Sandi Khusus”.

Lupa password adalah hal sederhana namun efeknya berjangka. Malah terkadang merugikan diri sendiri, termasuk bila tidak ingat sandi iCloud. Pasalnya semua data perangkat ada di iCloud, bayangkan apa jadinya jika iCloud tidak bisa dibuka? Bisa jadi kamu kehilangan data-data yang bersifat penting dan privasi. Oleh karena itu Apple telah memfasilitasi reset iCloud untuk memudahkan pengguna.

Posting Komentar untuk "Cara Reset iCloud Jika Lupa Password"

Berlangganan via Email